Rabu, 19 Mei 2010

Profil dan Sejarah dari Sosok Seorang Maestro Gesang Martohartono

Gesang atau lengkapnya Gesang Martohartono lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Oktober 1917 adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu asal Indonesia. Dikenal sebagai “maestro keroncong Indonesia,” ia terkenal lewat lagu Bengawan Solo ciptaannya, yang terkenal di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang. Lagu ‘Bengawan Solo’ ciptaannya telah diterjemahkan kedalam, setidaknya, 13 bahasa (termasuk bahasa Inggris, bahasa Tionghoa, dan bahasa Jepang)

Lagu Bengawan Solo diciptakan pada tahun 1940, ketika ia beusia 23 tahun. Gesang muda ketika itu sedang duduk di tepi Bengawan Solo, ia yang selalu kagum dengan sungai tersebut, terinspirasi untuk menciptakan sebuah lagu. Proses penciptaan lagu ini memakan waktu sekitar 6 bulan.

Lagu Bengawan Solo juga memiliki popularitas tersendiri di luar negeri, terutama di Jepang. Bengawan Solo sempat digunakan dalam salah satu film layar lebar Jepang.

Saat ini Gesang tinggal di di Jalan Bedoyo Nomor 5 Kelurahan Kemlayan, Serengan, Solo bersama keponakan dan keluarganya, setelah sebelumnya tinggal di rumahnya Perumnas Palur pemberian Walikota Surakarta tahun 1984 selama 20 tahun. Ia telah berpisah dengan istrinya tahun 1962. Selepasnya, memilih untuk hidup sendiri. Ia tak mempunyai anak. Pada tanggal 1 Oktober 2008 telah berusia 92 tahun.

Gesang pada awalnya bukanlah seorang pencipta lagu. Dulu, ia hanya seorang penyanyi lagu-lagu keroncong untuk acara dan pesta kecil-kecilan saja di kota Solo. Ia juga pernah menciptakan beberapa lagu, seperti; Keroncong Roda Dunia, Keroncong si Piatu, dan Sapu Tangan, pada masa perang dunia II. Sayangnya, ketiga lagu ini kurang mendapat sambutan dari masyarakat.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasanya terhadap perkembangan musik keroncong, pada tahun 1983 Jepang mendirikan Taman Gesang di dekat Bengawan Solo. Pengelolaan taman ini didanai oleh Dana Gesang, sebuah lembaga yang didirikan untuk Gesang di Jepang.

Lagu-lagu ciptaan Gesang yang populer :

* Bengawan Solo
* Jembatan Merah
* Pamitan (versi bahasa Indonesia dipopulerkan oleh Broery Pesulima)
* Caping Gunung
* Aja Lamis

Selasa, 18 Mei 2010

Barcelona Juara Liga Spanyol 2009-2010

Barcelona memastikan diri jadi juara Liga Spanyol 2009-2010 setelah menekuk Real Valladolid 4-0, Minggu 16 Mei 2010 (Senin dini hari WIB). Hasil ini menjadikan poin Barca berjumlah 99 dari 38 pertandingan di mana Barca hanya sekali menelan kekalahan.

Dua gol pertama Barca terjadi di babak pertama tepatnya di menit 27 dan 31. Gol pertama berasal dari bunuh diri pemain Valladolid, Luis Prieto. Empat menit kemudian, gantian Pedro yang menjebol jala tim tamu dan membuat Barca unggul dua gol hingga turun minum.

Masuk paruh kedua, Barca belum mengurangi tekanannya pada kubu Valladolid. Walhasil, kiper Jacobo kembali jatuh bangun menyelamatkan jalanya dari terjangan Lionel Messi dan kawan-kawan.

Namun di menit 62, Jacobo kembali memungut bola dari jalanya setelah Messi merobek jala Valladolid untuk ketiga kalinya. Gol Messi diawali terobosan Yaya Toure yang melewati barisan defender Valladolid.

Dengan teknik kick and rush, Toure bisa melepaskan diri untuk mengoper bola ke arah Messi yang sudah berada di depan gawang. Dengan mudahnya Messi menceploskan si kulit bundar ke jala tim tamu.

Yang terjadi berikutnya adalah sorakan girang pendukung Barca yang memenuhi Nou Camp. Pesta kemenangan Barca musim 2009-2010 pun sudah membahana di stadion kandang Barcelona itu.

Masuk menit 76, Messi kembali menyemarakkan suasana Nou Camp dengan gol keduanya malam itu. Kali ini kembali lewat kerjasama dengan Toure yang menyodorkan bola ke arah Messi yang berada di antara dua defender Valladolid.

Teriakan 'champione..champione (juara..juara)' pun langsung membahana di Nou Camp.

Valladolid bukannya tanpa peluang, di menit 84 gelandang Pele sempat menembakkan bola keras dari luar kotak penalti. Namun bola yang melewati deretan pemain Barca masih bisa ditangkap kiper Victor Valdes. Hingga pertandingan berakhir, hanya itulah peluang terbaik Valladolid.

Sedangkan untuk Barca tidak ada tambahan gol lagi. Namun itu sudah cukup untuk menghantar Barca meraih gelar La Liga untuk kedua kalinya berturut-turut.

Minggu, 16 Mei 2010

Juara Thomas Cup 2010

Kejuaraan Thomas Uber Cup 2010 terbilang kejuaraan yang sungguh unik dan menarik, pasalnya di kejuaraan kali ini Pemengan Uber Cup diraih oleh Korea setelah mengalahkan tim uber cina dengan nilai 3-1.

Lain lagi dengan pemenang thomas cup 2010. Saat ini cina masih dominan di Tim Thomas Cup, terbukti Cina mampu mengalahkan Indonesia dengan nilai telak 3-0 dan menempatkan cina sebagai pemenang Piala Thomas Cup 2010 di Malaysia.

Kapan Indonesia menjadi pemenang Thomas dan Uber Cup ?? ya kapan-kapan

Kamis, 13 Mei 2010

Kontroversi Film Obama Anak Menteng

Ada film baru saudara, yaitu film Obama Anak Menteng, akan tetapi Film 'Obama Anak Menteng' sepertinya akan menuai kontroversi. Film yang akan rilis Juni 2010 itu akan menampilkan hal sensitif Barack Obama selama tinggal di Menteng Dalam, Jakarta. Dalam film itu, Obama kecil salat dan mengaji.

Damien Dematra, sutradara 'Obama Anak Menteng' mengaku tidak takut meski mengangkat hal sensitif tersebut dalam filmnya. Damien mengklaim punya bukti kuat Obama kecil memang salat. Selama 4 tahun di Jakarta, Obama kecil pernah belajar mengaji dan salat.

"Kalau Obama kecil mengaji dan salat itu fakta. Kami punya bukti kuat," kata Damien saat ditemui di Oyster Kafe, Plasa Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (11/5/2010).

Sutradara sekaligus penulis buku 'Obama Anak Menteng' itu tidak khawatir jika adegan salat itu akan menyulut kontroversi. Damien mengaku sudah mengantongi izin dari Gedung Putih, Amerika Serikat (AS) untuk mengangkat fakta itu.

"Kami juga meminta izin ke AS, dan mendapat izin informal. Silakan saja semua orang punya masa kecil," tegas Demien.

Obama berkali-kali menegaskan ia beragama Kristen. Namun masalah agama Obama masih terus menjadi perdebatan, baik sebelum ia menjadi presiden ataupun hingga kini ia memimpin AS.

Media massa di negeri Paman Sam itu bahkan sempat menurunkan polling soal agama Obama. Dari polling NBC News/Wall Street Journal misalnya sebanyak 13 persen percaya Obama beragama Islam.