Selasa, 15 Juni 2010

Pengertian Apa Itu Page Rank

Berapa Page Rank kamu ? Sebuah pertanyaan yang kemarin sempat membuat saya bingung.. Pagerank ?? Apa itu page rank ? untuk apa page rank ? Yach sesuatu yang sebenarnya tidak begitu penting bagi seorang blogger pemula seperti saya, bisa posting secara konsisten saja saya sudah sangat bagus, gak perlu mikir berapa page rank blog :D

PageRank sebuah kata yang tidak lepas dari seorang blogger, sebenarnya apa sih PageRank itu ?? Makanan dari apa ya ? ataukah sebuah tokoh yang sangat dipuja-puja para blogger ?. Mungkin teman-teman blogger newbies pada penasaran karena sering kali ketika blog walking melihat istilah itu, tapi tidak tahu sama sekali artinya. Ok, untuk memudahkan mari kita tanya paman Wiki(wikipedia.org). PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting atau populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford –bekas universitas saya-.

Pada akhir tahun 1996, Larry Page dan Sergey Brin mendownload dan menganalisis link web untuk menyarikan informasi dari kumpulan-kumpulan raksasa data yang sangat acak. Page mempunyai sebuah teori. Menghitung jumlah link yang menunjuk ke sebuah situs web merupakan satu cara untuk memeringkatkan popularitas situs bersangkutan, meskipun popularitas dan kualitas tak selalu seiring. Ia memberi bobot lebih berat kepada link-link yang datang dari situs-situs penting. Artinya jika yahoo.com yang populer merujuk ke sebuah situs internet, situs itu segera menjadi lebih penting.Larry Page and Sergey Brin menyebut sistem pemeringkatan linknya dengan sebutan “PageRank” diambil dari nama belakang Larry Page.

Nah sebenarnya page rank ya seperti itu, masih menganggap page rank itu penting ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar