Kamis, 07 Oktober 2010

Perjalanan Pergerakan RMS (Republik Maluku Selatan) Awal Mula

Sejarah terbentuknya RMS Republik Maluku Selatan, gambar bendera RMS resmi yang diakui, sejarah perjalanan pergerakan RMS di IndonesiaRepublik Maluku Selatan atau yang dikenal sebagai RMS sepertinya masih saja ingin menegakkan tujuannya yaitu mendirikan dan mentegakkan Negara baru Republik maluku selatan. Kalau dilihat dari perjalanan RMS ternyata sejarah terbentuknya RMS juga didalangi oleh persekutuan KNIL dan Belanda. Seperti apakah sejarah dan perjalanan RMS itu sendiri ? mari saya perlihatkan urutannya

Tanggal 25 Appril 1950

Dimulai tanggan 25 Appril 1950 Republik Maluku Selatan (RMS) diproklamasikan bekas prajurit KNIL yang pro-Belanda seperti Dr Soumokil, JA Manusama, dan JH Manuhutu dengan maksud memisahkan diri dari Negara Indonesia Timur yang saat itu NKRI masih berupa Republik Indonesia Serikat.

Bulan Juli-November 1950

Pemerintah RI menumpas RMS yang dipimpin Kolonel AA Kawilarang dan Kolenel lgn Slamet Riyadi, Dr Soumokil ditangkap di P. Seram dan dihukum mati.

Tahun 1951-an

Sekitar 12.500 orang Maluku Selatan dan tentara KNIL mengungsi ke Belanda

Tahun 1966

RMS membentuk pemerintahan di pengasingan Pemimpn pertama RMS adalah Prof Johan Manusama, pemimpin kedua Frans Tutuhatunewa, dan kini dipimpin oleh John Wattilete.

Tanggal 26 Juni 2007


Beberapa pemuda maluku mengibarkan bendera RMS dihadapan SBY pada hari keluarga nasional di Ambon.

Tanggal 24 April 2008

Dalam peringatan 58 tahun proklamasi RMS, John Watilette menyebarkan sentimen anti Jakarta di hadapan Algemeen Dagblad

Tanggal 2 Oktober 2008


John Watilette mengumumkan gugatan kepada Presiden SBY ke pengadilan di Stasiun televisi NOS

Tanggal 5 Oktober 2010


Gugatan Watilette disidangkan di Pengadilan DenHaag, Presiden SBY membatalkan kunjungan ke Belanda

Nah seperti itulah pergerakan RMS yang dapat kami catat, sebenarnya masih banyak lagi kegiatan-kegiatan RMS yang masih belum saya ketahui. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar