Kamis, 14 Oktober 2010

Tips Cara Melancarkan Produksi ASI Saat Menyusui

Kandungan ASI, Posisi menyusui yang benar dan video wanita menyusui bayi dan tips melancarkan ASIKewajiban seorang ibu terhadap bayinya adalah memberikan ASI ekslusif minimal selama 6 bulan. Bahkan islam telah mengatur juga pemberian ASI Eklusif atau menyapih bayi sebaiknya ketika bayi sudah berumur 2 Tahun. Tentunya seorang ibu yang benar-benar menyayangi buah hatinya akan memberikan ASI (Air Susu Ibu) yang terbaik untuk si bayinya. Perlu dipahami oleh para ibu-ibu kelancaran asi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan bayi. Akan tetapi tidak sedikit pula ibu-ibu yang merasa kecewa karena minimnya atau tidak lancarnya pasokan ASI ke buah hatinya.

Apakah Anda salah satu dari ibu-ibu yang mengalami masalah ASI kurang lancar saat menyusui bayi Anda ? Tenang, banyak para wanita atau ibu-ibu mengira kalau masalah ASI tidak lancar disebabkan karena payudara kecil, puting payudara kecil, puting susu lecet, belum cukup umur untuk melahirkan, kurang gizi atau masalah hormonal. Memang penyebab ASI kurang lancar saat menyusui berbeda-beda tapi anda tidak perlu kawatir karena saya telah mempunyai tips melancarkan produksi ASI yang mudah, sehat dan aman bagi Ibu dan buah hati. peace

Tips Sederhana Melancarkan Porduksi ASI
  • Perbanyaklah makan sayur sayuran hijau, seperti daun pepaya, bayam, dan kacang-kacangan. Daun katuk juga dipercaya dapat memperlancar ASI, bahkan saat ini sudah banyak tersedia tablet ekstrak daun katuk untuk mempermudah dalam mengkonsumsinya.
  • Minum susu untuk ibu menyusui, karena ibu menyusui memerlukan kalsium yang terkadung dalam susu untuk memproduksi ASI.
  • Jika ibu sering menyusi bayi, maka akan merangsang keluarnya ASI. Untuk itu sampai bayi berusia 6 bulan sebaiknya terus berikan ASI.
  • Perbanyaklah minum air putih selama menyusui. Banyak minum air putih cukup membantu untuk memperbanyak ASI.
  • Saat memberikan ASI, usahakan si Ibu dalam keadaan relaxe sehingga ASI yang didapat si bayi adalah ASI yang terbaik dan penuh rasa kasih sayang

Nah cara diatas adalah cara yang sering dianjurkan oleh para dokter kandungan, sehingga sangat baik untuk Anda yang sedang menyusui. Apalagi buat wanita karir, pada umumnya wanita karir yang bekerja sering mengalami stress, sehingga mengakibatkan ASI tiba-tiba terhenti sehingga payudara menjadi sakit dan kencang karena tidak dapat mengeluarkan ASI. Istilah macet ASI dalam dunia kedokteran disebut Mastitis. Faktor lain penyebab ASI macet mastitis adalah kelalaian memberikan ASI atau memeras susu secara teratur dan berkala, sehingga ASI menjadi macet.

Untuk mengatasi ASI yang sudah macet tersebut, para ibu patut mencoba sebuah terapi sederhana dengan cara pelancaran darah di jari tangan dan pundak menggunakan Pulpen Jentik dan Sticker. Inilah adalah solusi yang efektif dan cepat untuk ASI yang macet atau terhenti, apalagi bila anda sudah stress dengan cara-cara tradisional seperti pijat/massage, dan tidak ingin mengkonsumsi jamu ataupun obat kimia.

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar