Sabtu, 15 Januari 2011

Tips Cara Mudah Meningkatkan Enzim Pada Tubuh

Jenis Makanan yang mengandung Enzim, jenis enzim dan macam enzimSedikit orang yang mau memperhatikan kesehatan pada tubuhnya, apalagi mengenai hal yang tidak bisa dilihat dengan panca indra secara langsung. Adalah Enzim salah satu bagian yang terpenting dalam tubuh makhluk hidup, Enzim pada manusia memang jarang sekali yang memperhatikan bagitu juga dengan Anda. Nah jika Anda sudah membaca Pengaruh dan Kegunaan Enzim Pada Tubuh, tentunya Anda juga ingin mengetahui cara meningkatkan enzim-enzim tubuh. Karena jika tubuh memiliki enzim yang banyak, energi untuk hidup dan sistem kekebalan pun meningkat. Baca ( Pengaruh dan Kegunaan Enzim Pada Tubuh ) Mengetahui bagaimana membatasi penipisan secara tidak seharusnya enzim pangkal yang berharga adalah rahasia untuk menyembuhkan penyakit dan menjalani hidup berumur panjang dan sehat:

  1. Mengunyah dengan baik 30-50 kali setiap makan, sangatlah penting. Mengunyah menstimulasi sekresi air liur. Enzim-enzim pencernaan yang terdapat dalam air liur, jika tercampur dengan makanan selama dikunyah, meningkatkan pencernaan dan penyerapan karena penguraian makanan berlangsung dengan lancar.
  2. Enzim-enzim yang berharga sensitif terhadap panas dan akan terurai pada suhu 48®-115®C.
  3. Makanan terbaik ; (a). yang tumbuh di tanah subur dan kaya mineral, (b). tanpa menggunakan zat-zat kimia pertanian maupun pupuk kimia, (c). yang dimakan segera setelah dipanen.
  4. Semakin segar sayuran, buah-buahan, daging dan ikan semakin banyak pula enzim yang dikandungnya (jadi terasa lezat saat dimakan).
  5. Sangat penting mengetahui bagaimana cara memilih makanan yang tepat, cara memasaknya dan cara menyantapnya.
  6. Makanan segar dianggap baik bagi tubuh karena, selain mengandung banyak enzim, mereka tidak teroksidasi (terjadi saat zat berikatan dengan oksigen). Radikal bebas terbentuk saat makanan teroksidasi memasuki tubuh. Radikal bebas dapat menghancurkan DNA dalam sel-sel sehingga menyebabkan kanker dan banyak masalah kesehatan lainnya.
  7. Radikal bebas sering diperlakukan sebagai penjahat, pada kenyataannya juga berfungsi penting, yaitu mampu membunuh virus, bakteri, jamur dan menekan infeksi.
  8. Saat radikal bebas meningkat terlalu banyak, tubuh kita dilengkapi dengan senjata untuk menetralisasinya, yaitu enzim antioksidan. Jenis enzim yang menjalankan fungsi ini disebut SOD (super-oksida dismutase).
  9. SOD saat melewati usia 40 tahun menurun, saat SOD mulai berkurang seiring usia, enzim-enzim pangkal mulai melawan radikal bebas yang berlebihan. Jika enzim pangkal kemudian tidak tersedia dalam tubuh, maka enzim pangkal tidak dapat mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan radikal bebas. Maka menjadi sebuah kepentingan untuk menghindari makanan yang teroksidasi dan memakan makanan yang segar yang penuh enzim, selain membatasi jumlah radikal bebas yang dihasilkan, juga dapat membatasi pengurangan enzim pangkal dalam tubuh. Hal ini akan menghasilkan suatu siklus positif yang secara teratur akan meningkatkan energi kehidupan kita.


Semoga dengan Tips Meningkatkan Enzim Pada Tubuh yang kami tulis diatas mampu memberikan semangat Anda untuk memikirkan kesehatan pada diri Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar