Minggu, 13 Maret 2011

Heboh Fenomena Sundog

Foto Fenomena Sundog Gambar SundogSundog sebuah fenomena baru yang lagi dibicarakan oleh berbagai masyarakat di belahan dunia. Nama Sundog mungkin baru saja Anda dengar, akan tetapi SUNDOG atau sering disebut anjing penjaga matahari, fenomena sundog ini sudah sering terjadi dan biasanya terjadi oleh pembiasan cahaya matahari oleh kristal es. Fenomena Sundog biasanya muncul di arah ufuk di mana matahari terbit belum terlalu jauh dari horizon atau kaki langit. Cahaya tersebut biasa muncul di kanan kiri, sehingga sering dianggap matahari meskipun memiliki ukuran lebih kecil.

Sebuah foto sundog yang berhasil di abadikan oleh seorang fotografer asal Bristol, Adam Gasson di sebuah pantai wilayah utara Cowes, Isle of Wight, Inggris, yang tampak pada Sabtu (5/3/2011) waktu lalu.

Foto Fenomena Terbaru Sundog Gambar Sundog
Nama sundog sebenarnya tidak asal sebut, karena Sundog memiliki nama ilmiah parhelion. Ini adalah fenomena di atmosfer berupa spot cahaya yang terang yang biasanya muncul saat curah hujan tinggi dan suhu atmosfer sangat dingin.

Fenomena sundog pernah terjadi juga di Thailand dan Kazakhstan. Di China, fenomena sundog juga pernah terjadi dan mengakibatkan Bumi seolah-olah memiliki empat matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar