Rabu, 13 Juli 2011

Tips Menu Makanan Sehat Berbuka Puasa

Tips mencari menu berbuka dan berpuasa ramadhan sehat bergizi membuat menuBulan puasa merupakan bulan yang sangat mulia, dan semakin banyak orang (termasuk di dalamnya ibu rumah tangga), mencari-cari Menu Makanan untuk berbuka puasa yang bervariasi. Banyak buku ataupun artikel di Internet yang mengulas tentang menu berbuka puasa, dan disini tidak ada salahnya apabila saya juga berbagi informsi tentang menu buka puasa kepada Anda, baik para ibu maupun perempuan yang gemar memasak, tidak menutup kemungkinan para laki-laki yang juga gemar memasak. Apabila anda termasuk dalam orang atau ibu rumah tangga yang sedang mencari menu berbuka puasa, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

  • Pertama, sangat dipentingkan ketika berpuasa untuk mencari dan menyediakan menu berbuka puasa yang sehat dan bergizi, karena ini akan sangat berguna bagi kelancaran ibadah puasa anda dan keluarga. Dengan menu berbuka puasa (dan juga menu sahur) yang sehat dan bergizi, anda akan secara tidak langsung menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, aktivitas anggota keluarga anda selama bulan puasa berlangsung akan berjalan dengan lancar dan tanpa kendala apapun. Kurma, adalah salah satu contoh makanan yang bergizi dan juga sangat dianjurkan ketika berbuka puasa (baca - Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Saat Puasa Ramadhan)
  • Kedua, anda disarankan untuk mencari dan menyusun Menu Makanan untuk berbuka puasa yang bervariasi, agar anggota keluarga anda tidak bosan dengan menu yang ‘itu-itu saja’. Hal ini harus anda perhatikan bila anda memiliki anggota keluarga yang masih belajar puasa. Dengan memasak menu buka puasa yang bervariasi, dia tidak akan merasa bosan dengan menu buka dan sahur yang disajikan.
  • Ketiga, anda harus menyusun menu buka puasa selama seminggu atau beberapa hari ke depan, agar anda bisa menyiapkan bahan-bahan masakan untuk hari berikutnya. Apabila memungkinkan, susunlah menu makanan selama sebulan penuh; ini sangat disarankan bila anda adalah orang sibuk, yang tak punya banyak waktu. Anda juga harus mengingat bahwa menu untuk berbuka puasa yang baik adalah yang mengandung air atau kuah.

Apabila anda masih sangat kesulitan untuk mencari menu makanan untuk berbuka puasa yang memenuhi kriteria dia atas, berikut ini adalah Menu Makanan untuk berbuka puasa yang bisa anda siapkan untuk seluruh keluarga.

Mari kita sebut Menu Makanan untuk buka puasa yang pertama dengan sebutan menu hari pertama. Menu hari pertama adalah terdiri dari makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup (yang biasanya berupa kudapan atau makanan kecil).

Makanan pembuka yang harus anda siapkan di menu buka puasa hari pertama ini adalah kurma madu, air putih, dan kolak pisang. Membuat kolak pisang sangat sederhana, yaitu masukan santan, masukan essens vanila, gula kelapa, gula pasir, sedikit garam, dan terakhir, masukan pisang raja.

Menu utama adalah sayur asam, tempe dan ayam goreng, dan sambal terasi. Menu-menu tersebut memang terlihat sangat sederhana dan ‘jadul’; namun, apabila anda memasaknya dengan bumbu yang benar dan tepat, maka masakan tersebut akan terasa jauh lebih enak dibandingkan dengan menu restaurant manapun.

Menu kudapan adalah berupa snack atau crackers, disarankan untuk dikonsumsi sesudah solat tarawih, atau sebelum tidur. Menu Makanan untuk berbuka puasa yang kedua, adalah menu buka puasa hari kedua, yang juga terdiri dari menu pembuka, menu utama, dan menu penutup. Anda bisa menyiapkan kurma madu, air putih, dan kolak kacang hijau.

Membuat kolak kacang hijau hampir sama dengan kolak pisang goreng; anda hanya harus merebus kacang hijaunya hingga empuk terlebih dahulu. Menu utama adalah daging masak pedas, sayur cah kangkung, dan krupuk terasi. Pada hari ketiga di bulan puasa, anda bisa memasak Menu Makanan untuk berbuka puasa yang juga mengandung kuah dan sedikit gorengan, yaitu cah kangkung dan tumis udang dan daging.

Memasak tumis udang dan daging sama dengan memasak tumis sayur, hanya anda harus mengganti sayuran dengan udang dan daging (yang sebelumnya sudah direbus). Menu makanan untuk berbuka puasa di hari keempat adalah yang agak berat, dan membutuhkan waktu yang agak lama untuk memasaknya, seperti ayam atau ikan bumbu pedas.

Sebagai tambahan, anda sebenarnya bisa menemukan banyak sekali Menu Makanan untuk berbuka puasa yang sangat bervariasi, sehat dan bergizi. Dengan adanya menu-menu dari dunia maya tersebut, anda akan dapat membuat keluarga betah berbuka puasa di rumah.

Jika Anda masih juga bingung, barangkali tips lama dari ibu, yakni Tips Daftar Menu Buka Puasa dan Sahur Bulan Ramadhan. Nah semoga dengan beberapa ulasan singkat mengenai menu makanan berbuka dan bisa juga untuk sahur puasa ramadhan Anda dapat menjadikan puasa ramadhan anda dan keluarga lebih bermakna dan lebih semangat.

Jika Anda mempunyai tips ataupun saran, Anda dapat menuliskannya di form komentar di bawah ini.

2 komentar:

  1. Tips yang bagus supaya dapat berbuka bersama sekeluarga.

    BalasHapus
  2. Terimakasih, jika Anda mempunyai tips yang dirasa lebih lengkap silahkan tambahkan di form kementar :D

    BalasHapus