Kamis, 19 Juli 2012

Bulan Ramadhan 2012 Jatuh Pada Tanggal 20

awal puasa ramadhan 1433 h tanggal keputusan pemerintahRamadhan bulan yang mulia diantara berbagai bulan inysa Alloh akan kita jumpai, kita berharap agar tahun ini Alloh Swt mempertemukan kita dengan bulan ramadhan dan memudahkan kita untuk puasa di bulan ramadhan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak masyarakat yang dibuat pusing dengang keputusan tanggal 1 Ramadhan, bulan ramadhan 2012 jatuh pada tanggal berapa ?

Memang sebuah perbedaan awal puasa antar negara adalah hal yang bisa difahami, walaupun tidak mesti terjadi pada masa sekarang yang serba canggih bahwa setelah konjungsi hilal sudah muncul di atas horizon setelah terbenam matahari. perbedaan penetapan awal Ramadan sejak dulu bukan karena beda methode antara rukyah dan hisab, namun karena gengsi antara Muhammadiyah yang menerapkan methode horizon bebas dan Kemenag yang didominasi pemikiran horizon lokal.

Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa bulan ramadhan 2012 jatuh pada tanggal 20 Juli. untuk tahun ini konjungsi matahari dan bulan terjadi pada Kamis 19 Juli 2012 pukul 04.24 UT, 07.24 waktu Mekkah. Kondisi hilal di Indonesia sulit dirukyah karena ketinggian hilal kurang dari 2 derajat, walau pun sebenarnya ketinggian hilal 1 derajat pun pernah bisa dirukyah pada 1971 di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar