Sabtu, 15 Oktober 2011

Tips Agar Melahirkan Secara Normal dan Cepat

Foto gambar wanita melahirkan download video proses melahirkan normalSering saya diminta untuk mencarikan artikel tentang kebidanan, artikel tentang proses melahirkan bagi Ibu-ibu muda. Banyak permintaan artikel dari ibu-ibu akan tetapi dari sekian banyak permintaan intinya adalah tips agar melahirkan secara normal dan cepat. Proses melahirkan memang saat yang paling istimewa baik itu bagi suami atau istri yang sedang mengandung, dan bahkan saat melahirkan ini seorang ibu mempertaruhkan segenap jiwa dan raganya bahkan nyawanya demi seorang bayi yang diidam-idamkan.

Tips agar melahirkan secara normal dan cepat kemarin saya dapatkan dari brosur di apotik, yang mungkin bisa menjadi informasi yang bermanfaat berkaitan dengan proses melahirkan.

  1. Posisi Jongkok. Kalau biasanya ibu melahirkan sembari berbaring atau setengah duduk, kini dicoba melahirkan sambil berendam di kolam air, dalam posisi berlutut tegak (tangan bertumpu pada tumpukan bantal, atau pada pegangan yang digantung di langit-langit kamar), berlutut dengan tubuh dibungkukkan dan kepala ditopang bantal (posisi sujud), atau jongkok. Pada ketiga posisi itu, posisi tubuh ibu tegak lurus sehingga bayi turun ke mulut rahim dengan lancar dan cepat. Konon, bersalin seperti itu juga mengurangi rasa sakit. Tertarik? Jangan lupa bicarakan dengan dokter.
  2. Bernafas Jangan Buru-buru. Menjelang datangnya kontraksi, hindari bernafas cepat-cepat dan pendek karena akan menjadikan Anda tegang. Tarik nafas panjang, rasakan oksigen yang Anda hirup masuk ke dalam tubuh dan menguatkan otot-otot. Kemudian, manakala Anda mengalami kontraksi, hembuskan nafas pelan dan dalam. Teknik bernafas ini dapat mengurangi nyeri karena otot-otot Anda lebih rileks.
  3. Curi Waktu Tidur. Menunggu pembukaan lengkap rasanya berabad-abad, Anda pun didera lelah. Cobalah tidur untuk mengembalikan enegi. Ketika bangun, niscaya Anda lebih segar, siap menghadapi kontraksi lagi.
  4. Efektif Mengejan. Ikuti irama tubuh saat mengejan. Jangan menahan sesuatu seperti ; nafas, tubuh (dengan mengangkat bokong), atau menahan dorongan mengejan itu sendiri sehingga tidak maksimal. Berikut ini teknik mengejan efektif. Begitu dokter menginstruksikan Anda untuk mengejan, tarik nafas panjang, mengejanlah dengan kuat sambil mengembuskan nafas (beberapa ibu cenderung menahan nafas sampai wajah membiru, akhirnya kehabisan nafas dan cepat lelah), kemudian istirahat sambil bernafas pendek-pendek lewat mulut. Dengarkan komando dokter. Begitu terdengar instruksi mengejan lagi, ulangi prosesnya. Dengan mengejan efektif, dibutuhkan kurang dari lima kali mengejan untuk melahirkan bayi.
Semoga bermanfaat, dan jika menurut anda ini baik silahkan dishare ke teman-teman Anda, agar teman-teman Anda juga dapat memperoleh informasi tips agar melahirkan secara normal dan cepat diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar